15 Des 2011

masa SMA = masa indah?

Apa yang membuat masa SMA terasa seperti masa2 yg indah adalah karena kita menjalani masa SMA dengan sukacita.
Bayangkan bila kita memandang SMA sebagai masa penjarahan waktu luang, masa pendoktrinan teori2 eksak dan sosial, masa pertemuan dengan alien2 yang memaksa kita mengingat dan memahami segala bentuk ke-abstrakan yang mereka ajarkan, SMA tak akan menjadi sesuatu yang indah. Tapi bayangkan bahwa ilmu2 itu adalah sebuah bijih emas yang bila kita kumpulkan dan kita sepuh dengan cermat dapat menjadi sebuah perhiasan bernilai tinggi. Bayangkan pula kita dapat mengenal wajah2 baru, karakter2 yang unik dan pemikiran2 yang unexpected. Dan apalagi beberapa diantara mereka dapat menjadi teman seperjalanan yang terkadang dapat menghibur kita.
Terkadang hal2 yang tidak kita sadarilah yang justru melekat dalam hidup kita. Seperti berteman. Sekilas mungkin teman bukanlah orang yang special. kita hanya berpikir “yah, dia orang yang ada di sebelah gue. Dia juga berseragam seperti gue, menuntut ilmu sama kayak gue” dan hal-hal ordinary seperti itu. Tapi pernah kah suatu ketika, lo ngrasa “eh, kemana sih temen gue yang satu itu?” dan itu pasti bakalan terjadi saat kita lulus dan jarang ketemu mereka2 yang tiap hari ada di sisi kita.
Pernahkah juga lo kangen berselisih dengan temen lo? Saat lo tiba2 dijahilin temen lo, pada keadaan normal mungkin lo bakal donkol dan tengsin. Tapi justru kejahilan dan keusilan itulah yang kita kangenin di hari esok disaat rok tak lagi abu2, celana tak lagi abu2, dan yearbook telah mulai mengusang. Dan apa yang dapat kita lakukan ketika waktu itu datang? Mengenang. SMS temen2 tanya kabar. atau ngebet pengen reunian.
intinya. bahagia atau tidaknya masa SMA kita tergantung kita menyikapi segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar